KEBERGUNAAN (USABILITY)
Untuk materi IMK selanjutnya yaitu keberguaan atau usability langsung aja ya guysss...
Definisi kebergunaan : derajat kemampuan suatu perangkat lunak untuk membantu pengguna menyelesaikan suatu tugas. Keberhasilan suatu sistem ditentukan oleh "GUNA" :
- Berguna (useful) : sistem berfungsi spt yang diinginkan pengguna
- Dapat digunakan (usable) : sistem yang mudah dioperasikan
- Digunakan (used) : sistem yang memotifasi pengguna untuk menggunakannya
Kesalahan Klasik
Beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh perancangan sistem:- Perancangan yang di dasarkan pada common-sense
- Anggapan bahwa perilaku seseorang telah mewakili seluruh kelompok dimana dia berada
- Keinginan pimpinan yang harus dilakukan
- Anggapan Implisit yang tidak sesuai / didukung
- Keputusan perancangan awal yang tidak didukung
- Penundaan evaluasi " sampai waktu luang"
- Evaluasi formal yang menggunakan kelompok subjek yang tidak sesuai
- Eksperimen yang tidak dapat dianalis
Kepuasan Berinteraksi
Beberapa pertanyaan yang sering digunakan untuk menagkap kesan subyektif pengguna :- Latar belakang
- Reaksi atas sistem yang akan diuji
- Fitur tampilan ( karakter, pemetaan, urutan dan pemindahan antar tampilan)
- Informasi yang disampaikan (intruktur, status sistem, pesan kesalahan)
- Proses belajar untuk menggunakan sistem
- Kemampuan sistem (kecepatan, kehandalan, fasilitas pembetulan kesalahan)
Kebergunaan
Nielsen (2003) : 5 Buah komponen kualitas untuk menentukan kebergunaan- Kemampuan untuk dipelajari
- Efisiensi
- Mudah diingat
- Kesalahan dan keamanan
- kepuasan
Uji Kebergunaan
Proses untuk mengukur karakteristik IMK dari sebuah sistem.Levi dan conrad (1997) : ada 3 jenis uji kebergunaan
- Uji eksploratori : mencari titik-titik kebingunan, kesalahan, unjuk kerja lambat
- Treshold Testing : mengukur kinerja sistem terhadap sejumlah sasaran yang ditentukan terlebih dahulu (melibatkan beta release)
- Uji Perbandingan : mengukur dari 2 pendekatan atau rancangan untuk menentukan yang lebih cocok
- Uji Formatif : memberikan umpan balik ke perancangan sistem terhadap rancangan nya.
- Uji sumatif : memberikan penilaian terhadap " produk jadi ", untuk mengukur peningkatan produk sebelumnya atau membandingkan dengan produk sejenis dari perusahaan lain.
Cara Uji Kebergunaan
- Pemillihan Kartu
- Evaluasi Heuristik
- Uji Berbasis Skenario
0 komentar:
Posting Komentar