Recent Post :

Breaking News
Loading...
Selasa, 08 Agustus 2017

IMK Part-4

KEBERGUNAAN (USABILITY)


Untuk materi IMK selanjutnya yaitu keberguaan atau usability langsung aja ya guysss...

Definisi kebergunaan : derajat kemampuan suatu perangkat lunak untuk membantu pengguna menyelesaikan suatu tugas. Keberhasilan suatu sistem ditentukan oleh "GUNA" :
  • Berguna (useful) : sistem berfungsi spt yang diinginkan pengguna 
  • Dapat digunakan (usable) : sistem yang mudah dioperasikan 
  • Digunakan (used) : sistem yang memotifasi pengguna untuk menggunakannya 

 Kesalahan Klasik 

Beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh perancangan sistem:
  • Perancangan yang di dasarkan  pada common-sense
  • Anggapan bahwa perilaku seseorang telah mewakili seluruh kelompok dimana dia berada
  • Keinginan pimpinan yang harus dilakukan 
  • Anggapan Implisit yang tidak sesuai / didukung 
  • Keputusan perancangan awal yang tidak didukung 
  • Penundaan evaluasi " sampai waktu luang"
  • Evaluasi formal yang menggunakan kelompok subjek yang tidak sesuai
  • Eksperimen yang tidak dapat dianalis

Kepuasan Berinteraksi

Beberapa pertanyaan yang sering digunakan untuk menagkap kesan subyektif pengguna :
  • Latar belakang 
  • Reaksi atas sistem yang akan diuji
  • Fitur tampilan ( karakter, pemetaan, urutan dan pemindahan antar tampilan)
  • Informasi yang disampaikan (intruktur, status sistem, pesan kesalahan)
  • Proses belajar untuk menggunakan sistem
  • Kemampuan sistem (kecepatan, kehandalan, fasilitas pembetulan kesalahan)

Kebergunaan 

Nielsen (2003) : 5 Buah komponen kualitas untuk menentukan kebergunaan
  • Kemampuan untuk dipelajari
  • Efisiensi
  • Mudah diingat
  • Kesalahan dan keamanan
  • kepuasan

Uji Kebergunaan 

Proses untuk mengukur karakteristik IMK dari sebuah sistem.

Levi dan conrad (1997) : ada 3 jenis uji kebergunaan
  • Uji eksploratori : mencari titik-titik kebingunan, kesalahan, unjuk kerja lambat
  • Treshold Testing : mengukur kinerja sistem terhadap sejumlah sasaran yang ditentukan terlebih dahulu (melibatkan beta release)
  • Uji Perbandingan : mengukur dari 2 pendekatan atau rancangan untuk menentukan yang lebih cocok
Hilbert dan Redmiles (2000)
  • Uji Formatif : memberikan umpan balik ke perancangan sistem terhadap rancangan nya.
  • Uji sumatif : memberikan penilaian terhadap " produk jadi ", untuk mengukur peningkatan produk sebelumnya atau membandingkan dengan produk sejenis dari perusahaan lain.

Cara Uji Kebergunaan

  • Pemillihan Kartu
  • Evaluasi Heuristik
  • Uji Berbasis Skenario
Sumber : http://arif-imk.blogspot.co.id 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer