Recent Post :

Breaking News
Loading...
Selasa, 08 Agustus 2017

IMK Part-1

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Hallo Guys untuk thread pertama saya disini akan memuat materi dari salah satu matakuliah di kampus yaitu Interaksi Manusia Dan Komputer. Yuk Langsung aja .. 

TUJUAN

Tujuan Interkasi Manusia Dan Komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam memgunakan atau mengoprasikan sebuah komputer dan sekaligus untuk mendapatkan umpan balik yang di perlukan seorang user selama menggunakan dalam bekerja pada sebuah sistem komputer. Artinya sebuah sistem dapat berfungsi dengan baik bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), kebergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efesiensi (eficiency).

Dengan kata lain, bertujuan untuk membangun produk reliable :
  1. Mudah dipelajari
  2. Berkesan jika digunakan 
  3. Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable)
  4. Aman (safe) 
  5. Memberi kepuasan serta pengalaman yang menyenangkan.
Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer berharap agar sistem komputer yang telah di rancang mempunyai sifat yang dapat memberikan rasa nyaman kepada user, para perancang mulai memahami aspek - aspek psikologi yang dimiliki oleh user, karena setiap user memiliki ciri-ciri khusus dan kebiasaan yang berbda dalam menggunakan sebuah sistem komputer.

BIDANG - BIDANG TERKAIT DENGAN IMK

Berikutnya yaitu beberapa bidang yang terkait dengan Interaksi manusia dan Komputer ada, beberapa bidang relevan yang sesuai dengan studi Interaksi Manusia dan Komputer dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Teknik Elektronika (Ilmu Komputer)
            Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer,karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan . Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem Interaksi Manusia dan Komputer.
2. Psikologi
           Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentrasikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia. 
          Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia dan komputer.
3. Ergonomi
          Ergonomi di konsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer dan layar monitor dan aspek fisik dari alat - alat antarmuka antara manusia dan mesin.
4. Ilmu Bahasa 
         Komunikasi manusia dan komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan 'bahasa natural', suatu bahasa berbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, ataupun suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia dan komputer . Teori komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan 'Prinsip Usaha Manusia Terakhir' (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa ilmu komputer dan teknik elektronika.
5. Sosiologi
        Sosiologi dalam konteks ini di konsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia dan komputer pada struktur lingkungannya.
6. Antropologi
       Antrapologi (Ilmu bahasa) di konsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia dan komputer. Dimana interaksi ini di pengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis dan lain-lain.
7. Desain grafis dan tipografi
       Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain manusia dan komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun hal ini belum dapat di klaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang di unggulkan .
       Jelasnya tidak ada individu yang dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multi disipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menunjukan ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang - bidang yang relevan mungkin di kombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer