INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Hallo Guys untuk thread pertama saya disini akan memuat materi dari
salah satu matakuliah di kampus yaitu Interaksi Manusia Dan Komputer.
Yuk Langsung aja ..
TUJUAN
Tujuan Interkasi Manusia Dan Komputer pada dasarnya adalah untuk
memudahkan manusia dalam memgunakan atau mengoprasikan sebuah komputer
dan sekaligus untuk mendapatkan umpan balik yang di perlukan seorang
user selama menggunakan dalam bekerja pada sebuah sistem komputer.
Artinya sebuah sistem dapat berfungsi dengan baik bisa untuk
mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), kebergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efesiensi (eficiency).
Dengan kata lain, bertujuan untuk membangun produk reliable :
- Mudah dipelajari
- Berkesan jika digunakan
- Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable)
- Aman (safe)
- Memberi kepuasan serta pengalaman yang menyenangkan.
Sumber : https://daadiiduu.wordpress.com
BIDANG - BIDANG TERKAIT DENGAN IMK
Berikutnya yaitu beberapa bidang yang terkait dengan Interaksi manusia
dan Komputer ada, beberapa bidang relevan yang sesuai dengan studi
Interaksi Manusia dan Komputer dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Teknik Elektronika (Ilmu Komputer)
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain
sistem manusia komputer,karena berbicara mengenai komputer, khususnya
dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai
Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus
mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan
dikembangkan . Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam
kerangka perancangan suatu sistem Interaksi Manusia dan Komputer.
2. Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentrasikan dengan
pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian
mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat
memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin
terhadap pengguna manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk
mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia dan
komputer.
3. Ergonomi
Ergonomi di konsentrasikan lebih pada aspek fisik dari
pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang
menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan
ketik komputer dan layar monitor dan aspek fisik dari alat - alat
antarmuka antara manusia dan mesin.
4. Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia dan komputer secara definisi melibatkan
penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan 'bahasa natural', suatu
bahasa berbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir,
ataupun suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai
bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal
menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia dan komputer . Teori
komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan 'Prinsip Usaha Manusia Terakhir' (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa ilmu komputer dan teknik elektronika.
5. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini di konsentrasikan dengan studi dari
pengaruh sistem manusia dan komputer pada struktur lingkungannya.
6. Antropologi
Antrapologi (Ilmu bahasa) di konsentrasikan dengan studi
dari interaksi manusia dan komputer. Dimana interaksi ini di pengaruhi
oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat
menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain,
kelompok penulis dan lain-lain.
7. Desain grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah
peningkatan yang penting terhadap desain manusia dan komputer sebagai
pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun
hal ini belum dapat di klaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan
penampilan grafik yang di unggulkan .
Jelasnya tidak ada individu yang dapat diharapkan mempunyai
pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup
tinggi untuk orang dengan latar belakang multi disipliner, gabungan
kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia suatu
alternatif yang lebih realistis adalah untuk menunjukan ke suatu
kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang - bidang
yang relevan mungkin di kombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu
bidang atau lebih.
Sumber : https://fairuzelsaid.wordpress.com
0 komentar:
Posting Komentar